Passing Grade SBMPTN ITB

Baiklah karena banyak juga yang bertanya berapa sih passing grade untuk masuk ITB, nah untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan menjelaskan apa sih passing grade itu? dan berapa passing grade di ITB
Passing grade itu adalah suatu ukuran standar (grade) yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SBMPTN yang menggambarkan kira-kira seorang peserta SBMPTN (siswa yang ikut) dapat mencukupi dalam urutan peringkat kuota penerimaan jurusan yang dipilihnya tersebut. Secara umum, nilai passing grade tidak dapat ditentukan secara pasti karena bergantung pada kuota (daya tampung) dan banyaknya peminat pada pilihan tersebut pada tahun itu. Selain 2 faktor di atas, nilai suatu passing grade muncul dari nilai para pesaing yang memperebutkan jurusan tersebut. Oleh karena itu, maka nilai passing grade tersebut nilainya tiap tahun dapat berfluktuatif.
Nah, pada faktanya nilai passing grade yang kita temui di bimbel-bimbel dapat berbeda, itu karena bimbel tersebut memiliki cara perhitungan yang berbeda pula, kebanyakan lembaga bimbel menaksir nilai passing grade berdasarkan pengalaman TO(Try Out) alumni bimbel tersebut, makanya passing grade sebenarnya tidak dapat dijadikan satu-satunya landasan untuk melihat peluang masuk ke suatu jurusan. Namun setidaknya dengan melihat nilai passing grade kita dapat mengira berapa nilai yang dibutuhkan untuk masuk ke suatu jurusan di Universitas/Institusi. Berikut ini passing grade yang saya temui di salah satu lembaga bimbel, ingat! nilai passing grade dapat berfluktatif

Passing Grade SBMPTN  INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB)

  1. STEI–65,7%
  2. FTI–62,5%
  3. FTTM–59,8%
  4. FTMD–58,7%
  5. FTSL–56,5%
  6. SAPPK–55,2%
  7. SF–54,4%
  8. FITB–52,9%
  9. STIH-Sains–49,3%
  10. FMIPA–47,8%
  11. STIH-Rekayasa–39,8%
Lihat, walaupun nilai ini sepenuhnya tidak 100% sama dengan passing grade yang akan kita temui saat tes SBMPTN nanti, namun kita dapat mengetahui bahwa untuk masuk fakultas STEI lebih sulit dibanding masuk fakultas FITB, SF dll.
Makanya, untuk itu kita harus punya target melewati passing grade dalam margin yang cukup besar, karena walaupun kita mampu meraih nilai 60,00 % kita belum tentu dapat masuk ke FTMD ITB, ingat! daya saing dan daya tampung sangat mempengaruhi peluang lolos kita.
Demikian sedikit informasi mengenai Passing Grade SBMPTN ITB , semoga bermanfaat dalam menghadapi SPMB/SBMPTN, Silakan cari info SBMPTN ITB sebanyak-banyaknya bisa lewat online atau langsung datang ke kampusnya terkait dengan jurusan di ITB yang akan diambil.

Post a Comment