Teknik Industri (FTI)

Teknik industri merupakan ilmu yang mempelajari pengetahuan, pendekatan , pola pikir, prinsip-prinsip dan keterampilan yang berakar pada keilmuan teknik dan proses perancangan (desain). Obyek yang dirancang bukanlah sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, malainkan yang disebut sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, enrgi dan informasi.

Di sini mahasiswa mempelajari juga ilmu-ilmu manajemen dan ilmu sosial, seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, ekonomi, akuntasi biaya dan psikologi industri. Keilmuan teknik industri mampu menjembatani antara aspek teknis dengan aspek manusia, keuangan, organisasi dan sebagainya. Hal ini didukung dengan cara pengajaran yang mengajak mahasiswa untuk berpikir kritis dengan contoh-contoh konkret yang up to date serta proyek-proyek perancangan yang dikerjakan secara berkelompok. Misalnya perancangan tata letak pabrik, pengelolaan organisasi, dll.

Program Kerja
seorang alumni Teknik industri memiliki prospek kerja yang sangat luas, diantaranya adalah

1. Bidang produksi/operasi dan penjaminan mutu
Lulusan Teknik industri sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi,dll. Hampir semua perusahaan manufaktur membutuhkan ini, seperti Toyota Astra Motor, P.T Rekayasa Indonesia, dll

2. Bidang Sistem Informasi
Posisi yang diduduki lulusan teknik industri misanlnya staf informasi teknologi, bahkan banyak alumni ITB yang membuka usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan seperti: SAP Indonesia, Oracle, Telkomsel, Pertamina, dll.

3. Bidang Pemasaran
Posisi yang biasanya ditempati misalnya market research, technical sales. perusahaan : P&G, Unilever, Nestle,dll.

4. Bidang Konsultasi Manajemen
misalnya Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb.

Post a Comment