Teknik Perminyakan (FTTM), Prodi dengan gaji menggiurkan

"Indonesia sebagai suatu wilayah yang memiliki sumber daya gas dan minyak bumi telah mempunyai pengalaman panjang dalam menghasilkan sumber daya manusia di bidang teknik perminyakan"
         
          Program studi tekink perminyakan selalu berusaha memenuhi kebutuhan sumber daya manusia untuk industri minyak dan gas bumi, yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu
perngetahuan dan teknologi. Selain itu, industri minyak dan gas bumi yang beroperasi di indonesia pada umumnya adalah perusahaan internasional. Pendidikan teknik perminyakan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam ekspoitasi gas bumi, minyak bumi, dan panas bumi yang merupakan sumber energi pokok pada saat ini.
          Bidang teknik perminyakan memberikan pengetahuan tentang penentuan cadangan sumber enrgi yang berada di dalam reservoir di bawah permukaan bumi, serta mengeluarkannya ke permukaan dengan menerapkan teknik pemboran, teknik produksi, serta proses pengolahan di lapangan sebelum dikirim ke industri atau diekspor ke luar negeri.
          Teknik perminyakan banyak bersinggungan dengan banyak ilmu dalam pengaplikasiannya di dunia kerja, seperti geologi, teknik geofisika, teknik kimia, teknik informatika dll.

Prospek Kerja
untuk satu prodi ini, jangan ditanyakan lagi bagaimana menggiurkannya prospek kerja lulusan teknik perminyakan, bahkan fresh graduate pun pada umumnya memiliki penghasilan diatas 20 juta/bulan diantaranya ialah:

1. Perusahaan minyak nasional/asing
Pertamina, Medco, Exxon, Chevron, Total E&P, BP, Sebagian besar alumni TM ITB berkiprah di jalur ini

2. Bidang Pemerintahan
seperti BP MIGAS, Departemen ESDM

3. Enterpreneur
Tidak jarang alumni TM yang memulai usaha sendiri di bidang migas setelah memiliki pengalaman kerja di perusahaan migas

Post a Comment