Tips Fasih Berbahasa Inggris

Kefasihan adalah kemampuan untuk berbicara bahasa dengan mudah, tanpa cegukan! Sekarang, kita harus bertanya-tanya apa yang saya maksud dengan tanpa cegukan. Jangan mengartikan secara gamblang! Ini adalah idiom. Idiom adalah kelompok kata yang arti sebenarnya berbeda dari arti harfiah. Tanpa cegukan tidak berarti berbicara bahasa tanpa menderita serangan cegukan, artinya berbicara bahasa tanpa berhenti dan gagap, dan menjadi yakin bagaimana untuk menggunakan kata-kata kita. Kefasihan berarti mengetahui bagaimana menggunakan kata-kata kita dengan kemudahan dan kenyamanan.
Kefasihan datang dengan praktek. kita tidak bisa mempelajari setiap buku "Bagaimana cara berbicara bahasa Inggris ??". Praktek adalah suatu keharusan! jika kita berpikir kita membaca buku english text dengan baik bukan berarti kita mampu speaking english dengan baik! Membaca dan berbicara sangat berbeda.
Hal paling dasar mengenai cara meningkatkan kefasihan dalam bahasa Inggris adalah bahwa kita tidak perlu berkonsentrasi pada tata bahasa saat berbicara. Berkonsentrasi pada percakapan. Bahasa Inggris adalah bahasa yang aneh dengan banyak celah. Berikut tips agar dapat menigkatkan kefasihan bahasa inggris kita:

1. Praktek
Berlatih berbicara dalam bahasa Inggris adalah suatu keharusan. Kita tidak bisa belajar bagaimana berbicara lancar hanya dengan teori tanpa praktek, kenapa? karena bahasa sehari-hari telah tercampurkan dengan bahasa "gaul" (tidak cuma di Indonesia ada bahasa gaul) dan juga kurangnya pengucapan bahasa inggris memperhatikan aturan tata bahasa ketika berbicara. Namun, jika seseorang mulai menggunakan tata bahasa yang benar, dengan buku, bahasa Inggris akan terdengar sangat aneh.

2. Obrolan
Pelajari cara untuk memulai percakapan. Ini juga akan menumbuhkan rasa percaya diri kita. Sambil ngobrol dengan teman, memberi orang di sekitar kita sebuah pertanyaan sederhana seperti "What time is it?" Cobalah melanjutkan percakapan. Jika kita mengalami kesulitan memahami perkataan orang, kita dapat meminta mereka untuk mengulangi apa yang mereka katakan. Biasanya, orang mengatakan "Im sorry?" tetapi Anda juga bisa mengatakan "Pardon"

3. Keyakinan
Berlatih pidato bahasa Inggris akan membutuhkan kepercayaan diri. Chating di sosial, mulai percakapan kecil. Jangan ragu untuk meminta orang tersebut untuk mengulangi perkataannya sendiri yang sulit kita pahami. Jika kita tidak mengerti arti dari sebuah kata atau frase tertentu, minta mereka untuk mengklarifikasi. Kemungkinan mereka tahu kita berada dalam proses belajar dan akan dengan senang hati membantu. Jangan berpikir bahwa kita bisa pulang dan membuka kamus terjemahan dan jenis Google Translate dalam kata atau frase yang mereka gunakan. Ini tidak bekerja! Juga, jangan merasa malu ketika seseorang mengoreksi Anda. Tetap PeDe!

4. Mendengarkan
Membaca dan berbicara tidak cukup. Dengarkan bagaimana orang berbicara, pengucapan, dan kata-kata dengan cara yang digunakan. Nonton TV, mendengarkan lagu dll Dengan cara ini kita sedang mendengarkan orang lain berbicara dan mengamati bagaimana mereka mengucapkan kata-kata.

5. Membaca buku-buku
Membaca novel. Berkonsentrasi pada pembentukan kalimat. Novel memiliki dialog, percakapan antara dua orang yang dapat kita gunakan untuk memahami penggunaan kalimat dalam berbicara. Perhatikan bagaimana orang berbicara. Mereka tidak memperhatikan tata bahasa sebanyak yang mereka lakukan untuk berbicara. Juga, ketika Anda membaca, menandai setiap frase yang tidak biasa atau kata dan mencari tahu apa artinya. Memasukkan kata-kata baru ke dalam kosa kata Anda.

6. Jangan menerjemahkan
Sebisa mungkin saya sarankan untuk kita menghindari menerjemahkan apa yang kita dengar, atau apa yang kita katakan. Menerjemahkan kalimat dari bahasa ibu kita ke Bahasa Inggris atau sebaliknya benar-benar akan merusak makna sebenarnya dari kalimat. Hal ini juga kemungkinan besar tidak benar. Sebaliknya, gunakan kamus. Kamus yang saya sarankan disini bukan kamus terjemahan, tetapi kamus definisi dan pemakaian kata bahasa inggris, seperti Oxford dictionary. jadi ibaratnya dalam bahasa indonesia kita membaca KBBI untuk mengetahui sifat dan karakteristik kata tersebut.

7. Pelajari kata dan frase
Kita telah menggunakan istilah frase banyak. kita mungkin tahu seribu kata dalam bahasa, tetapi menempatkan mereka bersama-sama dan membuat kalimat dimengerti bisa sulit. Hal ini karena kita tidak berkonsentrasi pada menggunakan kata-kata yang kita pelajari. Untuk berbicara dengan lancar, kita perlu belajar bagaimana untuk menempatkan kata-kata bersama-sama menjadi frase dan kalimat.

8. Idiom
Idiom merupakan bagian penting dari bahasa Inggris. Kita akan  kaget jika kita tidak mengerti idiom. Kita mungkin mendengar seseorang mengatakan break the leg  kepada kita sebelum ujian bahasa Inggris, dan kita akan bingung mengapa seseorang mengatakan hal demikian. Break the leg sebenarnya merupakan idiom yang berarti best of luck  atau I hope you do well. Kefasihan dalam bahasa Inggris memerlukan pengetahuan idiom.

9. Jangan berpikir tentang diri kita sebagai pelajar
Untuk menjadi lancar, pikirkan diri kita sebagai orang yang bisa berbahasa Inggris. Kita akan membuat kesalahan, tetapi ini adalah proses dari mencari tahu itu sendiri.Untuk berbicara bahasa Inggris dengan benar, kita tidak perlu mempelajari buku-buku Grammar. kita juga akan membuang-buang banyak waktu kita dengan membaca buku-buku ini.

10. Merekrut seorang teman sebagai mentor
Seorang teman yang ahli berbahasa Inggris adalah orang yang sempurna untuk belajar bahasa. Berada di sekitar orang-orang yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar merupakan ke=redit khusus yang sangat penting. kita dapat meminta seorang teman untuk membantu kita.. Membuat sebuah titik untuk berbicara dalam bahasa Inggris, tidak peduli seberapa tersebar kedengarannya. Tanyakan teman-teman dan kolega untuk memperbaiki kita jika kita salah.

11. Film dan lagu
Mendengarkan percakapan dalam film atau kalimat di lagu akan sangat baik daripada hanya membaca atau mendengarkan orang lain berbicara. Lagu dan film akan sangat mudah menempel dalam pikiran kita. Saat menonton film usahakan tidak menggunakan subtitle indonesia, gunakanlah subtitle bahasa inggris, jika telah mahir, bisa dengan tidak menggunakan subtitle.

12. Berpikir dalam bahasa Inggris
Buatlah sebuah titik untuk berpikir dalam bahasa Inggris dan bukan bahasa ibu kita. Setiap kali kita berbicara kepada diri sendiri atau berpikir, lakukan dalam bahasa Inggris. Dengan cara ini kita akan menjadi lebih nyaman dengan ide berbicara dan belajar bahasa.

Post a Comment