Pembangunan Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta jadikan BSH lebih hebat daripada Changi Airport


Amazing, satu kata yang sangat mendeskripsikan perasaan saya setelah melakukan ekskursi TPB FTSL ITB ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (BSH) ,jumat (10 april 2015). Saat ini Bandara Soekarno-Hatta sedang menjalani perluasan Terminal 3 Ultimate yang mana akan menjadi terminal yang sangat keren dan canggih, bahkan setelah selesai pembangunan Terminal 3 ini, maka kita Indonesia memiliki salah satu bandara terbaik di dunia, mengalahkan Changi Airport.
Pembangunan terminal ini memakan biaya yang cukup besar, sekitar 24 triliun rupiah, selain pembangunan terminal ini, beberapa titik di BSH juga mengalami beberapa perluasan bangunan, sebut saja pembangunan cargo village , pembangunan stasiun kereta api, serta revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2.
 Seperti gambar yang terlihat diatas, kolom-kolom bangunan dibuat miring, hal ini pada dasarnya untuk menimbulkan kesan "waw" dari terminal ini untuk perngunjung, rencananya terminal 3 digunakan untuk penerbangan yang ekslusif meliputi domestik dan internasional.

rencana desain Terminal 3 BSH
Seperti gambar yang terlihat diatas, terminal ini akan sangat terlihat berbeda dibandingkan dengan terminal 1 dan 2, terminal 3 lebih menonjolkan sifat kecanggihannya daripada terminal sebelumnya, namun jangan salah, tetap banyak terselip kebudayaan-kebudayaan Indonesia dalam perencanaan bangunan ini, salah satunya penggunaan batik.
Semoga saja pembangunan ini cepat selesai agar pintu gerbang Indonesia dapat terbuka dengan baik.



mobilisasi menuju pembangunan Terminal 3


panduan dari tim safety untuk menjaga keselamatan kami


tampak rancangan Terminal 3 dari belakang



Post a Comment