6 Tips Ampuh Menghadapi SBMPTN

Tidak terasa SBMPTN semakin dekat, sudah siapkah kamu menjadi salah satu pejuang SBMPTN yang katanya keren??
Nah, sekarang saya ingin share nih, beberapa tips jitu yang ampuh dalam mengahadapi SBMPTN, langsung saja cekidoot.

1. Persiapan Pemahaman Materi Sebaik Mungkin
Menghadapi SBMPTN bukan sekedar menghadapi ujian biasa, soal-soal yang diujikan merupakan soal pendalaman materi dan sangat hampir tidak ditemui di pelajaran sekolah, makanya butuh pemahaman yang mendalam juga untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Soal-soal yang diajarkan untuk persiapan UN saja tidak cukup, kita harus membahas soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun yang kualitas soalnya hampir mendekati semi-olimpiade.



2. Lupakan Cara Singkat Yang Dulu Jadi Andalan Menyelesaikan Soal UN
Tidak ada gunanya menghafal rumus-rumus cepat dalam menyelesaikan soal SBMPTN, karena memang hampir tidak dapat digunakan saat mengerjakan soal, alasannya karena pada soal SBMPTN kita sangat dituntut untuk menyelesaikan masalah yang "tidak biasa" dan kadang butuh kombinasi dari beberapa materi dan rumus sehingga tidak bisa digunakan rumus-rumus cepat untuk menyelesaikannya. Sebaliknya, kuasailah konsep-konsep dasar dari setiap materi.

3. Jangan Terlalu Banyak Mengosongkan Jawaban
Pada SBMPTN memang berlaku sistem minus (poin +4 untuk jawaban benar dan -1 untuk jawaban salah) yang membuat kita berhati-hati dalam mengisi jawaban yang tidak kita ketahui secara pasti jawabannya, namun jangan juga terlalu banyak mengosongkan jawaban. Analoginya begini, misalkan ada 100 soal yang berarti nilai maksimal 400 poin, maka apabila kita membutuhkan nilai 180 poin untuk lulus di suatu jurusan (sebenarnya belum tentu lulus, tapi dirasa aman dengan nilai demikian) berarti kita harus menjawab soal dengan benar minimal 45 buah, namun apabila kita hanya bisa menjawab 40 buah (nilai maksimal 160) dan kita mengosongkan 60 soal lainnya, maka harapan untuk lulus di jurusan tersebut bisa dikatakan hampir tertutup, makanya ada saatnya pula kita berharap dan mencoba peruntungan kita dengan menebak jawaban dari soal yang dirasa agak ragu-ragu, kembali ke kasus tadi, kita tahu 40 jawaban yang pasti benar, sementara kita butuh 45, maka tidak ada salahnya kita menebak 20-30 jawaban lainnya, misalkan kita mengisi 70 soal dengan 40 yang sudah dirasa betul, maka kita setidaknya dapat berharap dan berdoa semoga tebakan yang 30 lainnya benar. Bayangkan saja apabila kita benar 10 dari 30 tebakan tersebut, maka kita telah menambah poin kita menjadi 180 (yang artinya betul 50 salah 20) setidaknya ini jauh lebih baik daripada kita tidak mengisi tebakan yang 30 tadi. Bahkan jika hanya betul 7 dari 30 tebakan (yang artinya betul 47 salah 23) nilai kita masih lebih baik dari sebelumnya yaitu 165. Sekarang tidak adakah 7 tebakan yang betul dari 30 tebakan kita???

4. Usahakan Menempatkan Pilihan Jurusan Sesuai Kemampuan dan Kemauan
Saat mengikuti TO yang diadakan bimbel atau lembaga lainnya, usahakan nilai TO kita tidak jauh dibawah target yang diinginkan, saran saya untuk pilihan 1 tempatkan jurusan yang benar-benar kita inginkan, baik itu telah kita lampaui passing grade nya atau belum pernah kita lampaui sama sekali. Sedangkan untuk pilihan 2 tempatkan jurusan yang nyaris selalu kita capai passing grade nya, sedangkan untuk cari aman, letakkan pilihan 3 yang nilai passing grade nya cukup jauh dibawah passing grade TO kita. Nah misalnya nih, nilai rata-rata TO kita  45, maka saran saya untuk pilihan 1 coba diisi dengan jurusan yang passing grade nya 50-an, sedangkan untuk pilihan 2 tempatkan jurusan dengan passing grade 40-45, sedangkan pilihan 3 untuk cari aman tempatkan jurusan dengan passing grade 30-40

5.Sebaiknya Kuasai Minimal 2 Mata Pelajaran Untuk Tes Saintek/Soshum
Kenapa saya tekankan untuk ujian saintek/soshum? karena pada umumnya untuk materi TKPA itu sulit dipelajari dalam waktu singkat, TPA, B.Indonesia, B.Inggris itu adalah kemampuan alamiah yang dipelajari dalam jangka panjang, apalagi nilai bagian TKPA ini pada umumnya setiap peserta tidak terlalu jauh berbeda, yang sangat membedakan ialah nilai saintek/soshum nya. Saran saya kuasai dengan baik 2 mata pelajaran saintek dan soshum, supaya kita punya pegangan yang cukup kuat, misalnya nih kita kuat di matematika dan fisika, dan apabila pada SBMPTN kita dapat menjawab 10 dari 15 soal matematika dan 10 dari 15 soal fisika dengan baik, maka untuk bagian biologi dan kimia tidak perlu nilai tinggi, cukup sekedar tidak minus saja. Kembali lagi ini tergantung passing grade yang kita inginkan.

6.Dibalik Semuanya, Ada Kuasa Tuhan Yang Menentukan Nasib Kita
Saat kita telah berusaha dengan maksimal, maka yang harus dilakukan ialah dengan berdoa dan terus berdoa, karena sehebat apapun kita, kita tak akan pernah cukup hebat untuk menentang kehendak-Nya. Semoga kita semua dipertemukan dengan jurusan yang kita inginkan masing-masing. Amiin :)


Post a Comment