sudah lulus SNMPTN? yuk sekarang lakukan 6 hal ini..

yee, akhirnya pengumuman SNMPTN keluar juga, nah, selamat dulu dong bagi yang lulus undangan, dan juga bagi yang tidak lulus, jangan cemas, masih ada SBMPTN kok, tetap semangat!
Nah kali ini saya ingin berbagi cerita bagi yang lulus SNMPTN dulu nih (versi SBMPTN nya menyusul),
Yah, tidak terasa perjuangan kamu untuk masuk perguruan tinggi hampir mendekati selesai, akhirnya kerja kerasmu setelah susah payah berjuang selama 3 tahun untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tercapai juga, selamat!
nah, bagi kamu yang lulus SNMPTN, jangan sesumbar dahulu, tugas belum selesai, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diberesan, mari lakukan beberapa hal-hal berikut ini:

1. Yang pertama dan selalu utama, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
Nah, jangan lupa nih untuk bersyukur kepada Tuhan, kita telah diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kita ke jenjang yang lebih tinggi. Ingat selalu bagaimana saat sebelum pengumuman SNMPTN betapa banyak kamu berdoa kepada-Nya, nah, setelah lulus jangan sombong dan kufur nikmat. Karena bagaimanapun bagusnya nilai rapor, betapapun bagusnya nilai UN , seberapa pintar pun kamu, jika tanpa pertolongan-Nya maka jalan kita untuk lulus SNMPTN tidak akan terwujudkan.

2.Jangan lupa berterimakasih kepada orang tua, saudara, guru, dan teman yang selalu men-support tanpa kenal lelah
Nah, jasa orang-orang disekitar kita jangan dilupakan begitu saja, merekalah yang selalu mendoakan kamu untuk lulus SNMPTN.

3. Tidak ada salahnya berterimakasih kepada alumni SMA kita yang berada di jurusan yang kita tuju
masih inget dengan tulisan saya dengan judul tips lulus SNMPTN ga?  nah poin pertama yang saya bikin waktu itu adalah "Prestasi alumni dengan jurusan yang sama di suatu universitas akan sangat menentukan nasib kita",pada tulisan tersebut saya paparkan bahwa  kelulusan kita sangat ditentukan oleh prestasi alumni kita di jurusan tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya kamu berterimakasih kepada alumni yang telah menorehkan prestasi yang bagus sehingga mengharumkan nama sma kamu. Jika alumni kamu tersebut tidak memiliki track record yang baik maka kemungkinan besar kamu tidak akan diterima jalur SNMPTN.


4. Hentikan dulu euforia sejenak, ingat masih ada teman yang belum beruntung
Sudah puas bersuka-citanya? bikin status di fb, berkicau di twitter, biar semua orang tahu kalau kamu lulus jurusan ini jurusan itu
? Nah, ada baiknya sudahkan euforia sejenak kita, ingat disekitar kita msaih banyak teman yang masih belum beruntung masuk kuliah lewat SNMPTN, makanya jangan terlalu mengumbar-umbar berita kebahagiaan ditengah kesedihan teman kita yang masih sulit move-on dari SNMPTN, karena seorang pemenang sejati tidak pernah menyakiti pihak yang kalah
. Sebaliknya, kita dapat menyupport teman kita yang masih berjuang di SBMPTN dan ujian mandiri lainnya.


5. Berhubungan dengan poin 3, jadilah alumni yang membuat prestasi baik
Sebenarnya untuk menjadi alumni yang baik tidak perlu lulus SNMPTN juga, tapi ingat, kelulusan kita sangat ditentukan oleh alumni, makanya sebagai rasa terimakasih kita kepada alumni, dapat diwujudkan dengan menjadi alumni yang baik juga, sehingga adik kelas kita nantinya dapat juga lulus ke perguruan tinggi melalui SNMPTN.

6. Jangan tolak hasil SNMPTN
Nah, untuk poin yang satu ini, tidak bersifat mutlak sih, tetapi sangat dianjurkan. Bagi teman-teman yang lulus di pilihan 2 pada SNMPTN dan dalam lubuk hati yang paling dalam masih ingin ikut SBMPTN untuk mencapai jurusan yang kamu letakkan di pilihan 1, sangat dianjurkan untuk tidak melakukannya, kanapa? sudah saya jabarkan sebelumnya bahwasanya saat ada alumni sekolah yang menolak hasil SNMPTN maka sekolah tersebut akan kena blacklist  dan akan mengurangi kesempatan adik kelas kita untuk lulus SNMPTN, makanya sebelum memilih jurusan, tanyakan dahulu ke diri kita, siapkah kita mengambil jurusan jika diterima di pilihan 2? saya sarankan untuk diterima saja.

Post a Comment