Belajar Fisika : Bagaimana Memahami Gaya Gesek

Halo guys, kali ini saya mau berbagi pengetahuan nih, sedikit mengenai pemahaman yang saya dapatkan mengenai gaya gesek. Banyak orang yang tidak begitu paham tentang gaya gesek ini, banyak siswa yang repot dengan keberadaan gaya gesek, tenang saja saya akan bahas tuntas dengan ringan.

1.       Apa itu gaya gesek?
Gaya gesek disebabkan oleh adanya gesekan antara 2 permukaan bidang yang tidak licin sempurna, gaya gesek dapat menghambat gerak suatu benda dan merupakan alasan mengapa suatu benda dapat berputar.

2.       Cara kerja gaya gesek?
Seperti persamaan umum pada gaya gesek dimana F gesek sebanding dengan perkalian gaya normal dengan koefisien gesek, maka gaya gesek dipengaruhi oleh dua komponen tersebut, koefisien gesek dan gaya normal. Nah sekarang timbul pertanyaan, mengapa harus gaya normal? Kenapa tidak gaya berat saja? Nah untuk menjawabnya coba kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, misalkan kita ingin menggeser sebuah buku, pada percobaan pertama suruh teman kita untuk menekan buku tersebut sedangkan untuk percobaan kedua tanpa tekanan dari teman kita, nah saat menggeser buku percobaan manakah yang lebih susah? Pastinya percobaan pertama jauh lebih susah untuk menggeser buku tersebut. Disinilah peran gaya normal, perhatikan bahwa gaya berat kedua porcobaan sama (berat buku tidak berubah) yang membedakan dari kedua percobaan adalah adanya gaya tekan teman kearah bawah, dengan demikian gaya normal benda meningkat. Itulah mengapa gaya normal yang dipakai, bukan gaya berat. Lalu koefisien gaya gesek disebabkan oleh permukaan benda tersebut, semakin kasar permukaan bendanya maka semakin besar koefisien gaya geseknya.

3.       Peran gaya gesek dalam kehidupan?
Gaya gesek sangat besar perannya dalam kehidupan, apapun yang kita gerakkan pastinya dipengaruhi oleh gaya gesek, setiap kaki melangkah, setiap roda yang berputar pastinya dipengaruhi gaya gesek, karena jika tidak ada gaya gesek maka suatu benda akan terus bergerak tanpa pernah berhenti. Dan tahukah kamu, bahwasanya tidak akan pernah suatu benda dapat berputar tanpa adanya gaya gesek. Bahkan sebuah bola yang kita dorong akan bergerak lurus tanpa menggelinding jika tidak ada gaya gesek. Tidak ada permukaan yang licin sempurna dalam kehidupan sehari-hari (seperti pada soal fisika kebanyakan yang mengansumsikan permukaan licin sempurna sehingga gaya gesek diabaikan), pada permainan ice skating, gaya gesek yang terjadi sangat kecil sekali sehingga kita dapat meluncur dengan mulus dan bertahan lama.



4.       Adanya gaya gesek, untung atau rugi?
Keberadaan gaya gesek sangat bermanfaaat dalam kehidupan sehari-hari, misalkan saja saat kita mengendarai mobil apabila gaya gesek pada roda dan jalan terlalu besar maka akan banyak energi yang berubah menjadi energi panas sehingga energi yang dapat kita manfaatkan secara langsung berkurang, sebaliknya saat gaya gesek terlalu kecil maka akan susah untuk mengendarai mobil karena licin, makanya pada ban mobil dibuat tekstur sedemikian rupa untuk memperbesar gaya gesek.


5.       Pertanyaa : Fenomena gaya gesek dalam kehidupan nyata

Kali ini saya ingin menjelaskan fenomena gaya gesek dalam kegiatan bersepeda, pernahkah kamu bersepeda? asik bukan? Ya asik jika jalannya turun atau datar, sekarang coba tinjau jika jalannya mendaki, lebih gampang yang manakah: jalanan aspal atau jalanan tanah yang agak berbatuan ? nah coba jelaskan apa jawabanmu dalam kolom komentar dan sertakan alasannya yang berhubungan dengan gaya gesek. Have fun with physic guys J

Post a Comment