Gita Wirjawan, Mantan Menteri Perdagangan Yang Penuh Prestasi

Siapa yang tidak mengenal Gita Wirjawan? Pria yang bernama lengkap Gita Irawan Wirjawan ini pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada Kabinet Indonesia Bersatu II dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia juga pendiri Ancora Group dan Ancora Foundation. Gita Wirjawan lahir pada  21 September 1965 di Jakarta. Gita Wirawan menjabat sebagai menteri pada 19 Oktober 2011 – 31 Januari 2014. Selama masa jabatannya banyak perubahan-perubahan positif yang diberikannya untuk Indonesia salah satunya ialah UU Perdagangan yang berhasil disetuji  oleh DPR yang merupakan sebuah gebrakan besar untuk Indonesia setelah dalam kurun 80 tahun menggunakan UU peninggalan Belanda, selain itu Gita juga menjadi Ketua Sidang dalam World Trade Organization Ministerial Conference of 2013 ke Sembilan di Bali tanggal 3-7 Desember, 2013, memimpin 159 anggota WTO untuk menyepakati paket yang melunakkan penghalang perdagangan internasional. Agaknya membicarakan prestasi Gita Wirjawan di bidang Pemerintahan tidak ada habis-habisnya, gebrakan-gebrakan baru yang ia buat sangat berguna untuk Indonesia kedepannya, salah satunya seperti mewajibkan setiap karyawannya memiliki nilai TOEFL diatas 500.
Gita menghabiskan masa kecil di Jakarta. Masa kanak-kanak Gita seperti masa kecil anak-anak Indonesia pada umumnya. Gita kecil jarang mandi. Rambutnya kribo dan senang berjalan ke sana kemari tanpa alas kaki alias 'nyeker'. Dia pergi bersekolah di SD Budi Waluyo dan sempat menikmati menjadi siswa SMP Pangudi Luhur sebelum akhirnya pindah ke Bangladesh.
Tapi tahukah kamu? jebolan Harvard University ini adalah seorang yang ahli dalam bermain musik dan jago dalam olahraga. Gita Wirjawan semenjak kecil memang telah mengikuti sekolah musik, hingga ia mahir dalam bermain beberapa alat musik seperti gitar, bass, biola, saxophone. Bahkan Ia sudah masuk ke salah satu Universitas musik dan sudah menempuh pendidikan hingga tahun ke 4, namun orang tuanya tidak berkenan Gita Wirjawan menjadi musisi sehingga Ia memutuskan untuk pindah haluan dari bermusik dan meneruskan sekolah akuntansi di Kennedy School of Goverment, Harvard Unuversity, Amerika Serikat . Gita Wirjawan adalah pemusik jazz yang sangat terampil. Ia pernah tampil di konser-konser besar (seperti Java Jazz and Bob James Concert) dan menulis lagu untuk beberapa album, Ia adalah pemain piano dalam lagu Tompi "Selalu Denganmu". Minatnya di bidang musik mendorong Gita Wirjawan untuk mendirikan Omega Pacific Production/Ancora Music untuk mendukung musisi-musisi muda yang berbakat dan sebagai bentuk "balas dendam" atas "ketidak jadiannya" sebagai musisi.

Gita Wirjawan mahir dalam bermain piano dan sering tampil di beberapa konser Jazz
Selain ahli dalam bermain musik, Ketua PBSI ini dulu juga sangat jago dalam bermain olahraga, contohnya bermain bulu tangkis dan golf. Semasa SMA dia di India pernah menjadi juara Bulutangkis. Saat ini Ia juga telah mendirikan sekolah golf yaitu Ancora Golf. Gita beralasan mendirikan sekolah golf karena Ia merasa Indonesia kurang pe-golf yang handal dan mampu bersaing di kancah Internasional.

Gita Wirjawan Ketua PBSI periode 2012-2016
Walaupun dilahirkan dari keluarga yang hebat, bukan berarti Gita Wirjawan hidup penuh dalam kekayaan dan tidak mandiri. Ia pernah rela bekerja membersihkan tinja, mecuci piring, main piano di night club, supir hingga sempat berjualan kulit ular. Di sela-sela libur kuliah, dia juga rajin memberi les piano. Di situlah dia bertemu pertama kalinya dengan Yasmin Stamboel, cucu pahlawan Otto Iskandar Dinata yang kemudian menjadi istrinya.. Biaya kuliahnya dia dapat dari kiriman orangtua, beasiswa dan bekerja sendiri.

Post a Comment