Ini Alasan Mengapa Anda Harus Punya Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang

Alasan mengapa harus punya hobi mungkin adalah pertanyaan yang mengganggu kita. Kenapa seseorang disarankan memiliki hobi positif dalam hidupnya, bukankah waktu luang lebih enak jika dihabiskan untuk istirahat dan santai? Lagipula menekuni hobi juga membutuhkan budget yang bisa tidak sedikit. Bahkan saking pentingnya sebuah hobi tidak jarang seorang interviewer menanyakan apa hobi calon pegawai yang sedang melamar pekerjaan. Lalu sebenarnya apakah manfaat memiliki hobi dalam kehidupan kita sehari-hari?



Merangsang untuk selalu berpikir positif
Mengisi waktu luang dengan menekani hobi bisa membuat kita mengisi pikiran dengan hal-hal yang positif. Karena hobi pada dasarnya adalah melakukan hal yang menjadi kegemaran kita sehingga tubuh melepaskan hormon endorphin yang memberikan manusia rasa bahagia dan senang sehingga pikiran tidak ada tekanan yang membuat kita menjadi stress dan negatif. Melakukan hobi juga bisa menjadi bentuk terapi jiwa di saat kita sedang dilanda kesibukan. Lelah karena melakukan hobi efeknya justru bisa menambah energi positif setelah lelah melakukan aktivitas rutinitas.

Menumbuhkan rasa percaya diri
Alasan mengapa harus punya hobi yang kedua adalah karena dengan melakukan hal yang kita sukai kita akan lebih mengenal diri sendiri. Selama menekuni hobi kita akan tahu apa saja yang kita sukai dan tidak sukai, bagaimana cara mengatasi suatu masalah dengan lebih baik, dan juga seberapa jauh kita rela berkorban untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Sikap mengenal diri sendiri akan membuat kita lebih percaya diri di depan orang lain. Kita jadi tahu hal apa yang menjadi kelebihan dari diri kita dan bagaimana membawa kelemahan diri jadi sesuatu yang tidak tampak merugikan.

Membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik
Hasil penelitian psikologi dari Universitas California menunjukkan bahwa detak jantung seseorang lebih normal dan stabil ketika orang tersebut melakukan sesuatu yang menjadi kegemarannya. Tingkat stress dari orang yang memiliki hobi juga lebih kecil dibandingkan orang yang tidak punya hobi. Jadi, alasan mengapa harus punya hobi adalah karena hobi bisa menjaga kesehatan kita dalam jangka waktu yang lebih panjang. Detak jantung yang normal berarti mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Tingkat stress yang tinggi juga bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan terganggunya sirkulasi darah di tubuh.

Siapa tahu bisa dijual
Menekuni hobi bisa menjadi sumber pemasukan yang baru untuk kita apalagi jika jenis hobinya produktif. Misalkan hobi menjahit, berkebun, atau membuat kerajinan dari kayu dan tanah liat, jika punya nilai jual maka bisa menjadi hobi yang menghasilkan. Seperti kata orang, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Itulah beberapa alasan mengapa harus punya hobi.

hobi memasak dapat menghasilkan uang dengan menjual masakannya

Post a Comment