Jangan Terlalu Sering Begadang! Ini Beberapa Bahaya Begadang Bagi Kesehatan


Begadang adalah kegiatan yang kadang tidak dapat terlepaskan dari kehidupan mahasiswa, banyaknya tugas yang menumpuk, kegiatan organisasi yang sampai larut malam, serta kegiatan-kegiatan lainnya, memaksa seorang mahasiswa ikut begadang, padahal begadang memiliki efek negatif terhadap kesehatan. Tidur yang baik yaitu selama 8 jam, seseorang dikatakan kurang tidur apabila hanya tidur kurang dari 6 jam, berikut beberapa bahaya begadang bagi kesehatan:

1. Muka pucat, dan timbulnya lingkaran berwarna hitam di sekitar mata
Bahaya begadang bagi kesehatan yang pertama kali dan efeknya langsung terasa yaitu muka pucat dan lingkaran hitam di mata, ini bukan rahasia umum lagi bahwa efek yang satu ini akan sangat cepat dirasakan efek sampingnya.

2. Pola makan tidak teratur
Bahaya begadang bagi kesehatan yang lainnya yaitu membuat pola makan kita tidak teratur, kenapa demikian? karena orang yang sering begadang kemungkinan besar akan bangun kesiangan dan biasanya akan melewatkan makan pagi atau sarapan, nah pola makan yang tidak teatur ini akan berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah menjaga pola makan secara teratur dan bergizi. Dengan begadang, pola makan Anda akan jauh dari kata teratur dan sehat.

3. Hipertensi
Hipertensi merupakan bahaya begadang bagi kesehatan lainnya, hipertensi merupakan efek jangka panjang. Hipertensi atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah, namun hipertensi tidak menunjukkan gejalanya dengan jelas, banyak orang yang sebenarnya terkena gejala hipertensi namun tidak menyadarinya, karena jarang memiliki gejala yang jelas, hipertensi atau tekanan darah tinggi dikenal sebagai “pembunuh diam-diam”. Satu-satunya cara mengetahui apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi adalah dengan mengukur tekanan darah Anda. Riset yang dilakukan oleh ilmuan Henry Ford Hospital, Detroit menyebutkan bahwa orang-orang dengan gejala insomnia memiliki kemungkinan hipertensi. Sedangkan menurut penelitian Christoper Drake, dari Ford Hospital Sleep Disorders and Research Center, penyebab hipertensi pada penderita insomnia dikarenakan faktor berapa seringnya seseorang terbangun ketika tidur di malam hari serta berapa waktu yang dibutuhkan untuk dapat kembali tidur, oleh karena itu, hindarilah begadang karena memiliki banyak bahaya bagi kesehatan.

4. Alzheimer
Penderita Alzheimer tidak dapat mengingat dengan baik
Begadang juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Meskipun sebenarnya penyakit ini memiliki banyak faktor lain, kurang tidur juga bisa membuat seseorang terkena penyakit Alzheimer. Peneliti dari Belanda, Dr Jurgen Claassen mengatakan bahwa ketika kamu terjaga sepanjang malam hingga dini hari, amyloid beta (protein penyebab Alzheimer) tidak akan berkurang malah bisa jadi bertambah. Dengan adanya kamu tidur secara teratur, maka protein ini kadarnya akan terkontrol. Jika begadang ini dilakukan terus menerus amyloid beta ini akan mengendap dan suatu saat akan menyebabkan dirinya terserang penyakit Alzheimer. Setiap orang tentu tidak ingin mengidap penyakit ini, alzheimer selain akan menyerang kemampuan daya ingat penderita, juga akan sangat berdampak buruk bagi psikologis orang-orang sekitarnya. Penelitian membuktikan bahwa banyak orang yang mengasuh penderita alzheimer lebih duluan meninggal akibat depresi ketimbang si penderitanya sendiri. Oleh karena itu bahaya begadang bagi kesehatan yang satu ini harus dihindari sebisa mungkin.

5. Stroke
Bahaya begadang bagi kesehatan yang lainnya yaitu Stroke. Stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak. Terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, atau jika robek atau bocor. Penelitian membuktikan bahwasanya begadang dapat memperbesar seseorang terkena penyakit stroke. Warwick Medical School telah melakukan penelitian di bidang ini dan menemukan hasil bahwa jika tidur kurang dari enam jam setiap hari, dapat meningkatkan serangan stroke yang dapat mengakibatkan kematian sebanyak lima belas persen. Dan untuk resiko serangan jantung sebesar lima puluh persen,
Penyakit Stroke

Sekian bebepara bahaya begadang bagi kesehatan tubuh kita, terkadang kita memang begadang disebabkan oleh tuntutan pekerjaan dsb. namun, ingat bahwa tubuh kita memerlukan istirahat untuk memperbaiki sel-sel otot yang rusak dan mengisi kembali energi setelah seharian beraktivitas. Karena istirahat adalah hak setiap manusia. Dengan istirahat, tubuh serta pikiran kita akan menjadi segar dan siap untuk menghadapi segala tantangan. Jika kita memaksa untuk bekerja secara terus-menerus, kita tak akan memiliki waktu untuk berpikir jernih. Lagipula, apa kita mau menghabiskan masa muda hanya untuk bekerja, sebelum tiba-tiba menjadi tua lalu meninggal dunia? Untuk itu, cukupi kebutuhan tidur anda guna menghindari bahaya begadang bagi kesehatan.




Post a Comment