Jurusan Kuliah Berikut Ini Diprediksi Memiliki Prospek Cerah di Tahun 2016

Tahun 2016 telah datang, seiring dengan berjalannya waktu terdapat perubahan-perubahan kondisi perekonomian dunia, termasuk Indonesia sendiri. Apalagi dengan hadirnya pasar bebas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) akan snagat berpengaruh terhadap kondisi lapangan pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga ahli. Nah, kebutuhan akan sumber daya manusia juga akan bergeser. Berikut ini beberapa jurusan yang diprediksi bakal sangat dibutuhkan dan memiliki prospek yang bagus di tahun 2016:

1. Teknik Lingkungan
Sarjana teknik lingkungan diprediksi bakal sangat dibutuhkan dimasa mendatang. Semakin hari lulusan ini semakin dibutuhkan sehingga memiliki prospek kerja yang bagus. Hal ini terjadi tidak terlepas dari maraknya kerusakan lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini, seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri tahun 2015 terjadi kebakaran hutan yang cukup besar, dan berakibat buruk bagi lingkungan sekitarnya, sarjana teknik lingkungan sangat dibutuhkan dalam menangani hal ini. Belum lagi masalah rekonstruksi daerah pertambangan yang semakin hari semakin banyak wilayah yang tercemar. Belum lagi masalah pengadaan air bersih yang semakin sulit, oleh karena itu Jurusan Teknik Lingkungan bakal sangat dibutuhkan kedepannya.

Kondisi Lingkungan yang semakin buruk mengakibatkan Indonesia butuh banyak sarjana teknik lingkungan


2. Teknik Kimia
Industri Kimia sepertinya tidak akan ada habis-habisnya, kebutuhan manusia akan lulusan teknik kimia sangatlah tinggi. Bisa dikatakan hampir semua produk yang kita pakai sehari-hari adalah hasil olahan dari sarjana teknik kimia. Penelitian di bidang teknik kimia akan dapat menghasilkan produk-produk baru yang akan sangat berguna, ya bisa dipastikan jurusan ini akan tetap berprospek tinggi dalam waktu yang lama.




3. Akuntansi, Bisnis, Ekonomi dan Manajemen
Persaingan ekonomi dunia semakin ketat, negara sangat membutuhkan ahli-ahli dalam bidang ini, guna mendobrak daya ekonomi bangsa, dibutuhkan jiwa-jiwa enterpreneur yang tinggi yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru demi mengurangi angka pengangguran di Indonesia ini. Apalagi dengan hadirnya MEA tahun ini, maka jurusan ini akan sangat dibutuhkan agar bangsa kita tidak kalah saing.

4. Teknik Sipil
Agaknya hampir semua jurusan teknik bakal sangat dibutuhkan saat ini, kehadiran MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) pada awal tahum 2016 ini juga berpengaruh terhadap kebutuhan sarjana teknik. Untuk bersaing Indonesia membutuhkan sarjana yang kompeten, karena persaingan saat ini bukan hanya dalam satu negara, malainkan telah ada pasar bebas se-Asia tenggara. Sarjana teknik sipil dibutuhkan karena akan adanya pembangunan besar-besaran guna mendukung terciptanya perekonomian Indonesia yang lebih baik, akan banyak proyek-proyek mega struktur yang akan dibangun tahun ini; pembuatan jalan, waduk, gedung-gedung tinggi dll, yang teranyar sebut saja seperti pembangunan terminal 3 bandara Soekarno-Hatta yang memakan dana lebih dari 24 Trilliun

Rancangan pembangunan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

5. Jurusan Pariwisata
Kelestarian budaya Indonesia harus dijaga
Jurusan ini nampak bakal menerima dampak yang cukup besar dengan adanya MEA, diprediksikan akan banyak bule-bule datang ke Indonesia (begitupun sebaliknya), nah hal ini harus didukung dengan penataan pariwisata yang baik agar dapat menghidupkan kembali area wisata-wisata Indonesia yang sepi pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke area wisata maka akan berdampak positif bagi perekonomian bangsa. Oleh karena itu, akan banyak pembukaan wilayah wisata, penjagaan aset wisata, dan lain sebagainya sehingga prospek kerja untuk jurusan parawisata bakal cukup besar di tahun ini.


Nah, sekian beberapa jurusan yang diprediksi bakal memiliki prospek kerja yang cerah di tahun ini, bukan berarti jurusan lain tidak memiliki prospek yang cerah, hanya saja jurusan-jurusan diatas akan sangat dipengaruhi oleh kondisi terkini Indonesia serta kehadiran MEA pada tahun ini.

Post a Comment