Prospek Jurusan Manajemen : Calon Manajer Perusahaan Besar

Masa depan dunia kita ini dicirikan oleh perubahan yang cepat dan tidak terduga serta diiringi dengan kompetisi global dan pentingnya kerjasama (networking). Perubahan yang cepat dan tidak terduga ini mengakibatkan pengetahuan akan cepat usang, cara-cara terbaik saat ini belum tentu dapat bertahan sehingga memerlukan cara-cara baru yang lebih sesuai. Oleh karena itu kemampuan untuk secara cepat mengambil keputusan dan kreatif akan sangat dibutuhkan, nah disinilah peran lulusan mahasiswa manajemen, lulusan ini dituntut mampu bersaing dan berfikir secara kompetitif menjawab tantangan tersebut. Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di bidang Sosial Humaniora, hal ini tidak terlepas dari banyak nya kebutuhan akan lulusan manajemen di Indonesia ini, selain itu jurusan Manajemen identik dengan prospek kerja nya sebagai Bos perusahaan, hal yang sangat menggiurkan karena kita tidak digaji, melainkan kita sendiri yang mengatur penghasilan kita. Namun, untuk masuk ke jurusan manajemen tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, bahkan telah masuk jurusan pun, Anda harus bersaing dengan ribuan lulusan manajemen lainnya dan harus mampu beradaptasi dengan tiap perubahaan keadaan, terlepas dari itu semua, jurusan manajemen tetaplah jurusan yang paling besar prospek kerjanya di bidang IPS. Nah untuk anak IPA jangan takut jika masih mengingikan masuk jurusan ini, walaupun jurusan Manajemen memiliki basis keilmuan sosial, namun anak IPA masih bisa mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa manajemen baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN, namun dibutuhkan usaha yang cukup besar agar ketertinggalan materi dapat dikerjar dengan cepat.

Apakah Jurusan ini cocok dengan Anda?
Apakah Anda tertarik pada bisnis dan pengelolaan sumber daya? Apakah Anda berencana bekerja di sektor korporasi yang mencakup banyak orang? Jika iya, maka jurusan manajemen adalah jurusan yang tepat bagi Anda. Materi kuliah jurusan manajemen menawarkan beragam pilihan mata kuliah mulai dari mengelola proyek dan keuangan, hingga mengatur manusia, sehingga penting bagi anda sebagai calon mahasiswa untuk memiliki minat pada semua aspek manajemen. Penting juga bagi Anda untuk mampu belajar secara independen, seperti jurusan-jurusan lainnya, terutama bagi Anda yang mengikuti program sarjana, yang diwajibkan berpartisipasi pada berbagai ekstrakurikuler penempatan kerja di industri, dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman di lingkungan kerja.

Prospek Kerja:
Prospek kerja lulusan manajemen sangatlah luas, bagaimana tidak, seluruh perusahaan baik negeri maupun swasta pastinya membutuhkan banyak lulusan manajemen untuk mengendalikan pusat kendali perusahaan tersebut. Terdapat berbagai pilihan jenjang karir yang tersedia bagi mereka yang ingin bekerja dalam bidang manajemen. Banyak lulusan jurusan ini bekerja pada manajemen proyek atau manajemen organisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanan investasi, mengelola anggaran, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan dan mengalokasi sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin
Secara garis besar prospek kerja lulusan manajemen dapat bekerja di berbagai organisasi perusahaan atau lembaga pemerintahan sebagai manajer tingkat pertama bidang pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan dan lain sebagainya. Setelah lulus dari jurusan ini, setidaknya Anda mampu mendirikan suatu usaha dan mampu mengembangkannya menjadi usaha yang besar, oleh karenanya Anda mampu menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang, sungguh pekerjaan yang mulia bukan?

Post a Comment