Bincang-bincang Bersama Mahasiswa yang Kuliah di Jurusan Kedokteran (1)

Halo guys, mana nih yang mau masuk jurusan Pendidikan Dokter? Penasaran ga bagaimana kuliah di jurusan kedoktern? nah, kali ini kita akan membahas mengenai dunia kedokteran. Kami telah melakukan survey ke beberapa mahasiswa kedokteran di berbagai universitas di Indonesia, yuk langsung saja cekidot.

Apa Saja Pelajaran yang dipelajari di Ilmu Kedokteran?

Narasumber 1: 
• Biokimia
• Anatomi
• Mikrobiologi
• Farmakologi
• Patient Safety
• IKM
• dll
intinya ngga hanya biologi dan kimia, tp kita juga belajar komunikasi dan ilmu bermasyarakat :)

Narasumber 2:
"BUANYAK DEK. YANG PASTI SERUUU..
IPA dan IPS semua ada..
IPS --> bagaimana berinteraksi dengan orang lain, bioetik dan hukum kedokteran.. bagaimana suatu kondisi geografis dan ekonomi dapat mempengaruhi derajat kesehatan seseorang..

IPA --> 
matematika : statistika
biologi : yaweslah ya. biologi manusia dari A sampai Z dan itu pengetahuan kita masih belum bisa memaknai segala seluk beluk tubuh manusia.
fisika : hukum Newton. terutama pada blok Musculoskeletan, mulai dari biomekanika kontraksi otot sampai mekanisme katrol untuk men-traksi dislokasi. dari gimana cara masang intramedullary canal yang pas sampai dosis radiasi kanker.
kimia : farmasi, reaksi-reaksi biologis, immunohistochemistry..

dek, kalian gak akan bosen kuliah di FK, rasa haus akan pengetahuan akan terus ada. kalau stres dan ingin menikah saja pernah terjadi? sering."

Narasumber 3:
Banyaakkk. Anatomi, histologi, fisiologi, patologi, embryologi, farmakologi, mikrobiologi, public health, bioetika & humaniora, dll

Bagaimana Prospek Kerja Dunia Kedokteran saat ini? Berikan alasannya

Narasumber 1:
semakin kesini semakin susah, karena banyak juga lulusan kedokteran luar yg dengan mudah masuk ke indo. dan melihat animo masyarakat yg cenderung menganggap mereka lebih ahli daripada lulusan lokal

Narasumber 2:
"jadi dokter gak melulu mikirin kerja atau nyari duit.
tapi lebih ke pengabdian ke masyarakat dek, bagaimana supaya hidup kita bermanfaat bagi orang lain.
prospek kesehatan tentu saja makin lama akan tetap diminati, why?
orang-orang sakit pasti ADA. dan di sini, kedokteran itu ada empat aspek, yaitu prevensi, promosi, kurasi, dan rehabilitasi. Kita gak melulu ngobatin pasien, Dek, tapi lebih ke bagaimana menjaga kesehatan dan mencegah dari penyakit, tentang bagaimana cara kita mengurangi rasa sakit pasien."

Narasumber 3:
Cukup baik. Karena sampai saat ini Indonesia masih membutuhkan bantuan tenaga medis. Hanya saja dari pihak pemwrintah terkadang kurang memperhatikan aspek kesejahteraan dari tenaga medis Indonesia, kita para dokter saat internship dipaksa menjadi 'manusia setengah dewa'

Apa yang membuat Kakak berminat kuliah kedokteran?

Narasumber 1:
a dream to become a doctor

Narasumber 2:
"Hidup cuma sekali, kalo gak dimanfaatin sekarang, kapan lagi?
Supaya lebih beriman kepada Sang Pencipta dengan memahami ciptaan terbaik-Nya. Apa? Manusia."

Narasumber 3:
Karena..........bingung wkwk saya kn suka biologi, trs liat fakultas yg terkait mapel itu dgn passing grade tinggi adl FK dan saya rasa nilai rapot saya mencukupi utk itu, yaudah daftar fk aja

Apa yang menarik di Kuliah Kedokteran?

Narasumber 1:
the interesting part is, what we learn is what's in our body. jadi semua yg dipelajari bisa dilihat dengan nyata dan dilogikakan, ngga hanya "ilmu bayangan"nya saja

Narasumber 2:
"SEMUANYA.
kamu mau yang apa wes? nanti kakak jelasin satu-satu.. :3"

Narasumber 3:
Dapat memahami kebesaran Allah swt dgn cara mempelajari bagaimana makhluk terbaik-Nya, manusia, bekerja

Dan tanggapan saya sendiri mengenai hasil survey tersebut adalah, mahasiswa-mahasiswa kedokteran itu memiliki sikap yang baik, ramah, dan ceria. Semoga Kedokteran Indonesia kedepannya semakin hebat dan mampu menyelesaikan masalah-masalah di bidang kesehatan ini.
Dokter memiliki sifat yang ramah agar dapat menenangkan kondisi pasiennya

Post a Comment