Terlalu Lama Di Depan Layar Gadget, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan

Efek buruk terlalu lama menatap gadget sangat berpengaruh untuk kesehatan mata. Data terakhir yang dikeluarkan oleh Kominfo pada pertengahan tahun 2015 lalu adalah sebanyak 6% masyarakat Indonesia yang menggunakan internet berada di dunia online selama lebih dari 9 jam setiap harinya. Kebutuhan masyarakat Indonesia akan internet dan gadget memang cukup tinggi, tidak hanya untuk hiburan dan komunikasi saja tetapi juga untuk urusan pekerjaan. Dunia semakin mengandalkan sistem kerja dengan digital ditambah dengan banyaknya perusahaan start up yang bergerak di bidang IT sehingga kita memang menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar gadget. Jika tidak dijaga, radiasi pada layar gadget bisa mengganggu kesehatan kita, apa saja gangguan kesehatan yang akan muncul?

Mata menjadi minus atau rabun jauh
Jarak aman yang disarankan antara mata dengan layar gadget setidaknya adalah 30 cm, namun ada berapa orang yang mematuhi saran ini? Efek buruk terlalu lama menatap gadget yang pertama adalah menurunnya kemampuan otot mata untuk berakomodasi dan melihat jarak jauh. Ini karena mata kita terlalu lama menatap layar gadget dalam jarak yang dekat sehingga otot mata menjadi terbiasa dengan objek yang berjarak dekat.

Mata menjadi kering
Efek buruk terlalu lama menatap gadget yang kedua adalah mata yang menjadi kering dan memudahkan untuk terjadi iritasi. Mata yang kering dikarenakan frekuensi mengedip saat menatap gadget menjadi berkurang. Umumnya, mata berkedip sebanyak 15 sampai 20 kali per menit untuk melembabkan mata kembali. Mata yang kering selain bisa menyebabkan mata mudah iritasi juga akan terasa gatal dan lelah sehingga membuat orang cenderung untuk menguceknya dengan tangan. Padahal tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak mengandung bakteri dan kuman.

Merusak penglihatan karena radiasi dan sinar UV
Layar gadget baik itu smartphone, tablet, komputer, laptop, atau televisi memancarkan gelombang cahaya UV dan juga radiasi yang bisa merusak mata dalam jangka waktu yang lama. Efek buruk terlalu lama menatap gadget ini terjadi apabila jarak mata kita terlalu dekat dengan layar dan tidak mengistirahatkan mata dalam periode tertentu. Beberapa orang memasang screen filter untuk mengurangi dampak ini. Selain mengganggu pandangan, screen filter ini tidak banyak membantu. Atur jarak tatap kita sesuai dengan yang disarankan, setiap 20 menit sekali alihkan pandangan kita ke objek yang berjarak agak jauh selama 5 menit untuk mengendurkan otot mata yang tegang.

Sakit kepala karena otot mata yang tegang

Kita sering mengalami sakit kepala setelah bekerja dan duduk seharian di depan layar komputer, salah satu penyebabnya adalah karena terlalu lama menatap layar. Otot yang dipaksa untuk terus melihat objek dengan jarak dekat menjadi tegang dan membuat saraf-saraf di juga tertaik sehingga kepala terasa sakit. Demikian beberapa poin mengenai efek buruk terlalu lama menatap gadget.

Post a Comment