Cara Simpel Untuk Hidup Sehat yang Sering Terabaikan

Halo guys, nah kali ini kita akan bagi-bagi tips nih buat kalian semua. Kesehatan merupakan hal yang sangat fundamental bagi seseorang, ketika kita berbicara mengenai kesehatan, itu tidak haya sebatas dari segi fisik saja, melainkan juga melibatkan kondisi mental dan sosial, nah kali ini ada beberapa cara simpel hidup sehat yang mungkin sering terlupakan bagi kaum-kaum anak muda.



1. Istirahat yang Cukup, Jangan Biasakan Begadang



Istirahat merupakan cara simpel hidup sehat yang sangat sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, padahal tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan, hanya saja terkadang tututan pekerjaan membuat mereka lalai dan menguras waktu istirahatnya. Orang dewasa umumnya butuh waktu tidur ideal antara 6-8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran beristirahat. Sementara itu hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas dimalam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Kekurangan istirahat dapat membuat badan menjadi lesu, kurang bergairah dan tidak semangat, selain itu kekurangan tidur memiliki effek jangka panjang yang cukup serius seperti menimbulkan stress, penyakit alzheimer dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan biasakan begadang kecuali disaat-saat yang sangat dibutuhkan saja, seperti kata bang H. Rhoma Irama "begadang jangan begadang, kalau tiada artinya"

2. Lakukan Olahraga Rutin 



Cara simpel hidup sehat yang kedua adalah olahraga, selain sangat bermanfaat untuk jasmani kita, olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi kerja otak, serta mengurangi stress. Olahraga yang baik dilakukan di pagi hari dengan kuantitas yang tidak terlalu berlebihan, sebab saat kia melakukan olahraga di pagi hari otomatis kita akan semangat dalam menjalani hari tersebut, gairah dan semangat jadi meningkat, namun jangan terlalu berlebiha dalam berolahraga, karena sesuatu yang baik jika dilakukan secara berlebihan akan menjadi tidak baik. Olahraga secara berlebihan juga akan melemahkan daya tahan tubuh, sebaiknya melakukan olahraga secukupnya saja. Namun kebanyakan orang sering malas dalam berolahraga (apalagi yang sudah berumur), banyak yang berasalan tidak memiliki waktu untuk berolahraga, padahal olahraga tidak harus dilakukan dalam waktu yang lama, cukup lakukan 10-20 menit dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh.Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan kualitas hidup dan kesehatan dengan berolah raga secara teratur.

3. Makan Makanan yang Memiliki Nutrisi Seimbang

 Makan makanan yang memiliki nutrisi seimbang merupakan salah satu cara simpel hidup sehat, bersama dengan istirahat dan olahraga, nutrisi seimbang merupakan trio fondasi kesehatan. Tidak semua jenis makanan memiliki nutrisi yang optimal, beberapa makanan bahkan ada yang rusak nutrisinya dan ada juga yang tidak memiliki nutrisi sama sekali. Cara memasak makanan pun juga sangat berpengaruh dalam kandungan nutrisi makanan, jangan sampai kita memasaknya terlalu lama sehingga vitamin dan mineral yang semula banyak hilang begitu saja. Cara simpel untuk melengkapi kebutuhan nutrisi adalah dengan makan 4 sehat 5 sempurna, jangan sampai kita kekurangan nutrisi akibat tidak memakan salah satu dari komponen 4 sehat 5 sempurna. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral harus terpenuhi dalam tiap makanan yang kita makan.
Sebisa mungkin hindari makan makanan yang berminyak, makanan fastfood, dan minuman yang bersoda karena yang demikian memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup kerap diabaikan oleh banyak orang, untuk mencukupi kebutuhan mineral, seseorang seminimalnya harus minum 8 gelas sehari. Air putih dapat melancarkan pencernaan, baik bagi kesehatan kulit, mengontrol berat badan tubuh serta mencegah dehidrasi. Saat akan tidur dan setelah tidur sangat dianjurkan untuk minum segelas air putih, sebab akan berdampak baik bagi kesehatan tenggorokan dan pencernaan kita. Minum air putih yang cukup merupakan cara hidup sehat paling simpel





5. Selalu Berpikir Positif (Positive Thingking)

Berpikir Positif baik bagi kesehatan
Cara simpel hidup sehat yang lainnya adalah berpikiran positif. Pikiran akan mempengaruhi kondisi mood dan mental kita. Berpikiran positif adalah memikirkan hal-hal yang baik untuk menciptakan semangat dan optimisme dalam diri sendiri, oleh karena itu berpikiran posotif dapat meningkatkan gairah dan mood dalam menjalani kehidupan.

Post a Comment