Gedung Tertinggi Di Dunia (Dari Masa ke Masa)

Dunia modern ditandai dengan makin hebatnya teknologi yang diciptakan manusia, berbagai alat-alat canggih diciptakan, kendaraan yang semakin cepat dan lain sebagainya. Di bidang konstruksi sendiri, era modern ditandai dengan semakin banyak muncul gedung-gedung pencakar langit, seperti yang ada di negara tetangga kita Malaysia yaitu gedung Petronas Towers-nya. Nah seperti apakah perkembangan gedung-gedung tertinggi di dunia dari masa ke masa? ayo simak berikut ini:

1931-1970: Empire State Building, New York, AS

Empire State Building menjadi gedung tertinggi di dunia setelah mengalahkan Chrysler Building pada 1931 dengan ketinggian 381 meter dan memiliki 102 lantai. Gedung yang menjadi ikon kota New York ini berhasil memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia selama 40 tahun dan dianggap sebagai salah satu gedung terindah di dunia sampai saat ini.

1970-1974: World Trade Center, New York City, AS

World Trade Center Tower 1 (WTC 1) yang didesain oleh Minoru Yamasaki berdiri kokoh sebagai gedung tertinggi dunia dari tahun 1970 hingga 1974. Bangunan setinggi 417 meter ini memiliki 100 lantai. Adapun tower kembarannya, yaitu World Trade Center Tower 2 (WTC 2) memiliki ketinggian 415 meter. Berada di jantung kota Manhattam, WTC menjadi simbol pencapaian Amerika Serikat di bidang teknologi dan finansial. Sayangnya, bangunan kembar ini kemudian hancur akibat serangan pada 11 September 2001.











1974-1996: Sears Tower, Chicago, AS

Memiliki ketinggian 443 meter, Sears Tower atau yang juga dikenal sebagai Willis Tower menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1974 mengalahkan ketinggian World Trade Center (WTC). Bangunan yang memiliki warna hitam pekat ini didesain oleh perusahaan arsitektur ternama, Skidmore, Owings, dan Merrill. Untuk keperluan perkantoran dan dibangun pada 1970-1974.

1996-2003: Petronas Tower, Kuala Lumpur, Malaysia

Menara kembar petronas (Petronas Tower) yang terletak di Malaysia ini tercatat sebagai gedung tertinggi pertama yang berada diluar Amerika Serikat.Menara dengan bentuk lantai bintang segi delapan serta kental dengan nuansa islami ini didesain oleh Cesar Pelli and Associates. Menara ini juga memiliki jembatang penghubung antar mereka (skybridge) sepanjang 58,83 meter.


2003-2007: Taipei 101, Taipei, Taiwan

Taipei 101 memiliki ketinggian 509 meter dan 101 lantai sesuai dengan namanya, Taipei 101. Taipei menjadi bangunan tertinggi di dunia setelah mengalahkan Petronas Tower pada tahun 2003. Bangunan yang terletak di Taipei ini didesain oleh CY Lee and partners dan terinspirasi oleh pagoda tradisional Tiongkok.


2007-sekarang : Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab


Sebelum Taipei 101 selesai, pembangunan Burj Khalifa atau Burj Dubai sudah dilakukan, meskipun bangunan ini baru selesai tahun 2010, struktur bangunan ini sudah melewati Taipei 101 pada juli 2001. dengan ketinggian total 828 meter, Burj Khalifa masih memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia hingga saat ini.

Sekian info mengenai gedung-gedung tertinggi di dunia dari masa ke masa. Indonesia ternyata masih jauh tertinggal dari negara tetangga kita, Malaysia, yang memiliki Petronas Tower nya. Sebagai orang Indonesia kita patut bangga dengan adanya perwakilan dari Asia Tenggara, namun kedepannya semoga Indonesia memiliki gedung pencakar langit yang masuk dalam kategori tertinggi dunia. Maju terus Indonesia, jaya pembangunan, viva infrastructura!

Post a Comment