Kiat sukses lulus SNMPTN (undangan)


      Sistem penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN sudah dimulai, nah sebagai orang yang pernah melaluinya, saya memiliki beberapa saran yang mungkin dapat mambantu. Memang sih, kita tidak dapat mengetahui secara pasti apa aspek penilaian dalam penerimaan SNMPTN, terkadang justru orang dengan nilai dan prestasi yang lebih rendah dapat SNMPTN, namun setidaknya dengan mengetahui beberapa poin penting dalam penerimaan SNMPTN, kita dapat mengusahakan untuk memperbaiki poin  tersebut .     Kali ini akan saya paparkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mementukan pilihan di SNMPTN.


1. Prestasi alumni dengan jurusan yang sama di suatu universitas akan sangat menentukan nasib kita
sebelum menetukan pilihan jurusan SNMPTN lihat dulu track record alumni kita di jurusan tersebut, apabila memiliki prestasi yang bagus, maka peluang lulus kita akan semakin besar. Lain halnya apabila alumni kita memiliki reportasi yang jelek, maka kepercayaan universitas terhadap lulusan SMA kita akan berkurang

2. Pastikan sekolah kita tidak di blacklist 
hal ini sangat berpengaruh dalam penentuan apakah kita diterima di jurusan tersebut atau tidak, apabila sekolah kita telah di blacklist oleh suatu universitas, jangan berharap lagi kita bakal lulus undangan di universitas tersebut.

3. Lihat jumlah alumni di jurusan tersebut
untuk satu hal ini jumlah alumni dibagi atas beberapa kategori dalam penilaian SNMPTN:
  • rendah   (<10 orang)
  • sedang   (10-30 orang)
  • tinggi     (>30 orang)
Semakin banyak jumlah alumni maka semakin besar peluang lulus SNMPTN, jika alumni anda berada di tingkat rendah, jangan terlalu berharap untuk lulus SNMPTN, namun jangan pesimis juga, harapan itu masih ada.

4. Nilai rapor dan prestasi akademik lainnya
nah, hal ini harus diperhatikan dengan baik, jika poin-poin diatas lebih ke prestasi sekolahnya, maka poin ini lah yang dapat membedakan kita dengan teman satu sekolah kita. Poin ini akan menjadi pertimbangan yang krusial jika dalam satu sekolah terdapat lebih dari 1 orang mendaftar di jurusan tersebut, pastikan nilai rapor dan prestasi akademik anda lebih baik dibandingkan teman yang menginginkan jurusan yang sama. Untuk prestasi akademik, disarankan melampirkan prestasi yang berhubungan dengan jurusan yang dipilih, karena akan sangat berpengaruh.

5. Akreditasi sekolah
semakin bagus akreditasi sekolah, maka semakin bagus pula peluang kita lulus jalur undangan, apabila akreditasi sekolah kita A, maka peluang lulus semakin besar, namun sayangnya hampir semua SMA bagus memiliki akreditasi A,jadi jangan terlalu bergantung pada sektor ini.

6. Perhatikan keketatan persiangan menembus jurusan yang kita inginkan
ini faktor umum yang mempengaruhi peluang kita untuk lulus dalam SNMPTN.


Terlepas dari hal yang saya sampaikan diatas, ada satu hal yang ingin saya ingatkan pada kita semua, pada dasarnya pilihlah jurusan sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita masing-masing, Ingat! KEMAUAN dan KEMAMPUAN, jangan asal pilih! karena ini akan menentukan jalan hidup kita kedepannya, sebagai contoh, jika target kita mau masuk ke jurusan kedokteran, jangan takut untuk tidak lulus SNMPTN hanya karena persaingan masuk kesana ketat sehingga kita menurunkan target kita untuk memilih jurusan lain, saya berkata demikian karena jalur untuk masuk perguruan tinggi tidak hanya SNMPTN, masih ada jalur lain seperti SBMPTN dan UMPTN serta ujian mandiri lainnya.


 Tanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu, apakah kita menyukai jurusan yang kita pilih tersebut,? pastikan kita memilih bukan karena uang, namun karena passion kita memang disana.



"When you say YES to others, make sure you are not saying NO to yourself"-Paulo Coelho






Post a Comment